Connect with us

Gorontalo Utara

Peneliti Temukan Struktur Sumur Di Kawasan Reruntuhan Benteng Kota Mas

Published

on

GORUT – Kunjungan Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Sulawesi Utara, diterima Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin Langsung di ruang kerjanya, (5//7/2021). Kedatangan Tim Arkeolog tak lain untuk menyerahkan hasil temuan dari Ekskavasi yang dilakukan di Lokasi benteng kota mas di Desa Cisadane, Kecamatan Kwandang.

Indra Yasin menegaskan bahwa situs bersejarah Benteng Kota Maas di Desa Cisadane, Kecamatan Kwandang harus dilindungi.

“Saya harap kawasan itu jangan ada yang mengkapling. Saya minta jangan, karena itu merupakan peninggalan sejarah yang nantinya dapat menjadi bagian penting dalam peningkatan objek wisata di Gorontalo Utara,” kata Indra Yasin.

Dalam waktu dekat ini pihak pemerintah daerah akan melakukan pemagaran untuk melindungi situs peninggalan sejarah tersebut, melalui stakeholder terkait.

“Jangan ada yang membangun, menggunakan atau memanfaatkan pekarangan atau lahan yang berkaitan dengan ekskavasi yang dilakukan oleh tim arkeolog tersebut,” Kata Bupati.

Selanjutnya Menurut Bupati hasil ekskavasi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Balai Arkeologi Sulawesi Utara, ada hal menarik yang ditemukan. Tim peneliti berhasil menemukan struktur sumur tua di kawasan reruntuhan Benteng Kota Maas itu.

“Dan memang didapatkan juga koin kuno peninggalan sejarah ada dua keping. Ini tentu akan membuka tabir siapa sebetulnya yang bangun benteng itu,” ungkapnya.

Ia mengaku baru tahu soal situs Benteng Kota Maas itu, setelah tim peneliti melakukan ekskavasi dan menginformasikan hal tersebut kepadanya.

“Alhamdulillah saya baru tahu tadi (kemarin). Karena, selama ini benteng itu kita anggap hanya sebagai peninggalan biasa saja atau bongkahan-bongkahan batu. Tapi, ternyata dia mempunyai peninggalan sejarah yang kalau diungkap, sesuai perkiraan mereka (tim peneliti) dibangun pada zaman penjajahan Belanda atau Spanyol,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, terkait dengan situs peninggalan sejarah, Indra pun meminta agar beberapa tempat dan benda bersejarah yang ada di daerah itu untuk juga dijaga dan dilindungi kelestariannya.

“Barangkali juga peninggalan-peninggalan sejarah lainnya di Gorut yang perlu ditelusuri. Misalnya, di Sumalata, ada juga peninggalan Belanda, apakah Belanda atau siapa. Nanti mereka akan melakukan penelitian,” ujarnya.

Selebihnya Ia berharap, mudah-mudahan dengan penelitian itu, pihaknya di Gorut akan mempunyai sejarah tentang apa dan kenapa sampai tertulis kota maas di situs tersebut.

“Ada apa sebetulnya di kwandang ini. Adakah emas yang terpendam di Gorut, itu akan mereka teliti apakah pada tahun 1700 atau 1800,” tuturnya.

Seperti diketahui, tim yang diketuai Irna Saptaningrum itu akan kembali melakukan penelitian lebih lanjut tahun depan.

Gorontalo Utara

Bupati Pohuwato Terima Kunjungan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo

Published

on

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Widhi Astri Aprillia Nia, yang didampingi oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pohuwato, Stephano Liwu, pada Kamis, 4 Juli 2024. Pertemuan berlangsung di ruang kerja Bupati dan membahas berbagai aspek kerjasama terkait program-program corporate social responsibility (CSR) serta peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk mencapai Universal Coverage Jamsostek (UCJ) di Kabupaten Pohuwato.

Bupati Saipul A. Mbuinga menyambut baik kunjungan tersebut dan menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program-program BPJS Ketenagakerjaan. “Kami selalu siap bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di daerah kami. Program CSR dari BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih aman,” kata Bupati Saipul.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo, Widhi Astri Aprillia Nia, menjelaskan bahwa selain silaturahmi, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk menyampaikan beberapa program kerja yang menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan. “Selain silaturahmi karena baru kali ini berkesempatan datang, tentu pertemuan kami juga ke Pak Bupati dalam rangka corporate social responsibility atau perlindungan BPJS Ketenagakerjaan di Pohuwato,” ungkapnya.

 

Widhi Astri Aprillia Nia juga menambahkan bahwa apa yang disampaikan oleh BPJS mendapat respons yang sangat positif dari Bupati. “Pak Bupati sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan. Di dua tahun terakhir ini, yakni di 2023 dan 2024, ada peningkatan signifikan untuk coverage. Pak Bupati juga menyampaikan akan ada perhatian khusus terkait coverage Kabupaten Pohuwato yang masih di 44 persen. Karena ada beberapa potensi yang bisa menaikkan coverage. Tentunya ini salah satu bentuk komitmen Pak Bupati meningkatkan kesejahteraan pekerja yang ada di Pohuwato,” pungkasnya.

Pertemuan ini menandai langkah positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan tenaga kerja di Kabupaten Pohuwato melalui program-program yang diinisiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Continue Reading

Gorontalo Utara

Pemerintah Kota Gorontalo Dorong Efisiensi dan Transparansi Pengelolaan Aset Daerah melalui Bimtek Sistem Akuntansi Persediaan BMD

Published

on

KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan aset daerah. Hal ini dibuktikan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang sistem akuntansi persediaan barang milik daerah (BMD) yang diselenggarakan oleh Badan Keuangan Kota Gorontalo pada Senin, (13/05/2024), di Ball Room Hotel Grand Q.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, yang menyatakan bahwa hal ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Gorontalo dalam pengelolaan aset daerah. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menjelaskan bahwa Bimtek tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan aset daerah, serta untuk memperdalam pemahaman mengenai sistem informasi akuntansi persediaan barang milik daerah.

“Dengan pemahaman yang mendalam ini, diharapkan akan muncul inovasi baru dalam pengelolaan persediaan barang, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi efisiensi pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Sekretaris Daerah mengapresiasi penyelenggara, narasumber, dan peserta yang hadir dalam Bimtek ini, serta berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di Kota Gorontalo. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan tata kelola aset daerah secara lebih efisien dan transparan.

Continue Reading

Gorontalo Utara

Sinergi TP-PKK: Wakil Bupati Pohuwato Melaunching Program ‘Aku Hatinya PKK

Published

on

POHUWATO – Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, menggelar peluncuran program “Aku Hatinya PKK” tingkat Provinsi Gorontalo pada Selasa (07/05/2024) di Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

Dalam acara peluncuran tersebut, Wabup Suharsi memberikan penghargaan atas inisiatif program “Aku Hatinya PKK”.

“Program ini merupakan bukti nyata dari kerjasama yang solid antara TP-PKK Kabupaten Pohuwato, Kecamatan, dan Desa,” ujarnya.

Wabup Suharsi menegaskan bahwa TP-PKK adalah sebuah organisasi yang dipimpin oleh perempuan-perempuan berkualitas dan memiliki peran penting dalam mendukung serta menggerakkan masyarakat di Kabupaten Pohuwato.

“Ini adalah hasil kerjasama yang baik antara TP-PKK di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa. Alhamdulillah, kami sangat berbahagia bahwa program ini bisa terlaksana hari ini, dan kami berharap program ini mendapatkan apresiasi yang tinggi,” katanya.

Selain peluncuran program “Aku Hatinya PKK”, Wabup Suharsi juga meresmikan program “Inovasi SMS Cinta: Semarak Menanam Sendiri Cabe untuk Investasi Rumah Tangga”.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suharsi juga turut serta dalam penanaman cabe dan melakukan peninjauan terhadap tanaman hortikultura di kebun TP-PKK Desa Palopo.

Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama pemerintah dan TP-PKK Desa Palopo, untuk terus bekerja sama dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Saya berharap tanaman yang kita tanam hari ini dapat dirawat dengan baik, dipelihara, bahkan ditambah jumlahnya jika diperlukan. Tujuan kita bukan hanya meraih kesuksesan semata, tetapi juga memastikan keberlanjutan dari apa yang kita lakukan hari ini,” ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pokja PKK Provinsi Gorontalo, Ny. Silvana Bowta, Ketua TP-PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Camat Marisa, Mohammad Huntoyungo, dan Kades Palopo, Agus Hulubangga.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler