Connect with us

News

PH Samsul Kolonta Ajukan Banding Ke Pengadilan Tinggi Gorontalo

Published

on

GORONTALO – Usai ditetapkannya Samsul Kolonta sebagai tersangka pada putusan Pengadilan Negeri Marisa terkait penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Penasehat Hukum (PH) dan keluarga tersangka mengajukan banding perkara ini ke Pengadilan Tinggi Gorontalo, Nomor 95/PEN.PID/2022 PT GTLO, pada tanggal 15 september 2022 kemarin.

Diketahui tersangka dijatuhkan pidana penjara selama 6 ( enam ) bulan dan denda sejumlah Rp. 15.000.000 ( lima belas juta rupiah ), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak di bayar maka di ganti dengan pidana kurungan selam 2 bulan.

Menurut Stenli Nippi selaku Kuasa Hukum tersangka, menyampaikan beberapa pertimbangan yang menurutnya ada kekeliruan dalam pengambilan putusan yang dilakukan saat proses persidangan.

“Beberapa point penting yang didalam pertimbangan (judex factie) sebagai dasar diajukan memori banding pertama, keberatan atas dakwaan dan tuntutan JPU yang tidak sesuai fakta dipersidangan, atas keterangan saksi-saksi yang diajukan oleh JPU terhadap terdakwa, dimana pada faktanya terdakwa hanya orang yang orang merupakan pekerja (kurir) yang diperintahkan anggota polisi yang dibayar dalam bentuk upah harian Rp. 100 Ribu..,”

“Tentunya pencermatan hakim dalam melihat UU Cipta kerja tidak secara parsial namun harus keseluruhan UU Cipta kerja yang mengomnibuslaw hampir 72 UU, salah satunya undang-undang ketenaga kerjaan. Sebagai semangat lahirnya UU Cipta kerja yang melindungi para pekerja dari tindakan pihak pemberi kerja,” Ujar Stenli.

Selaku kuasa hukum terdakwa, Stenli keberatan atas putusan judex factie, karena terdakwa hanya merupakan pelajar/mahasiswa, yang tentunya harus diberi perlindungan, mengingat putusan judex factie berdasar pada hukuman preventif maka hal itu tidak cukup adil buat terdakwa dimana muatan putusan tidak memuat hukuman yang lebih edukatif

“Terdakwa harus ditempatkan sebagai korban bukan sebagai pelaku utama karena ada pihak lain yang harusnya lebih bertanggung jawab terhadap perbuatan terdakwa yang diminta dan diperintah memuat BBM bersubsidi jenis Solar,” Katanya.

“Kami pula keberatan dengan putusan Hakim yang tidak mempertimbangkan keadaan terdakwa, yang mana masih dalam proses pengajuan proposal penelitian akhir studi. Tidak diberikan keringanan, sebagai informasi klien kami ditangkap dan ditahan pada saat ia pulang dari KKLP (kuliah kerja lapangan plus) yang merupakan bagian proses pembelajaran dan penilaian mahasiswa akhir studi,” Tukasnya.

Putusan pengadilan terkait dasar hukum penuntutan JPU menggunakan UU Cipta kerja, dimana yang kami persoalankan kedudukan UU cipta kerja yang inkonstitusional bersyarat, dimana majelis mencermati UU masih dapat digunakan sebagai dasar penuntutan.

“Dan menurut pendapat kami UU tersebut belum tepat diterapkan sebagai dasar penuntutan. Namun pada putusan judex factie tidak menjelaskan secara terperinci jelas, seharusnya putusan Hakim selain mencerminkan keadilan, harusnya mempertimbangkan pembelaan karena ditingkat elit intelektual para pakar hukum atas putusan MK terhadap UU cipta kerja masih terjadi silang pendapat, terhadap kedudukan UU Cipta kerja pasca putusan MK, masih terjadi debatable/belum ada yang pasti,” Jelasnya.

“Soal inkonstitusional bersyarat dimana pembuat undang undang (pemerintah dan DPR) diminta untuk memperbaiki dalam jangka waktu 2 tahun setelah putusan paling lambat kepastian hukum atas kedudukan UU cipta kerja, apakah konstitusional dan inkonstitusional paling tidak akan dilihat nanti pada 26 November 2023. Seharusnya terhadap putusan tersebut tidak terjawab oleh JPU, maka seharusnya pembelaan kami seharusnya dapat dipertimbangkan,” Pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

LSM Laskar Macan Asia Pohuwato dan Tokoh Agama Serukan PSU yang Damai dan Kondusif

Published

on

POHUWATO – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Macan Asia Pohuwato, yang diwakili oleh Dumais Doda, mengajak masyarakat Gorontalo, khususnya di Kabupaten Pohuwato, untuk mewujudkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang damai dan kondusif. Ajakan ini disampaikan pada Jumat, 12 Juli 2024, menjelang PSU yang akan diselenggarakan besok.

Dumais Doda menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka dengan baik dan benar. “Sebagai masyarakat Gorontalo, mari sama-sama kita gunakan hak pilih kita dengan baik dan benar. Jangan sampai golput,” ujar Dumais.

Ia berharap PSU Pemilihan Legislatif DPRD Provinsi Gorontalo, Dapil Gorontalo 6 (Pohuwato-Boalemo), dapat berjalan lancar tanpa hambatan. “Semoga PSU besok dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” tambahnya.

Pimpinan Darul Aswaja Pohuwato, Ustadz Wisnu, mewakili tokoh agama Islam, juga mengajak masyarakat dan stakeholder terkait untuk menciptakan PSU yang jujur dan adil, tanpa kecurangan yang dapat mencederai pesta demokrasi.

“Mari kita ciptakan PSU yang jujur dan adil tanpa kecurangan yang dapat mencederai pesta demokrasi kita,” tegas Ustadz Wisnu.

Beliau juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan penuh kepada seluruh instansi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama prosesi PSU. “Mari kita berikan dukungan penuh terhadap TNI dan Polri dalam menjaga KAMTIBMAS agar pesta demokrasi di daerah kita berjalan aman,” pungkasnya.

Seruan dari LSM Laskar Macan Asia Pohuwato dan tokoh agama setempat menekankan pentingnya partisipasi aktif dan positif dari masyarakat dalam PSU. Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dan instansi terkait, diharapkan PSU dapat berlangsung dengan damai, jujur, dan adil, serta mencerminkan semangat demokrasi yang sebenarnya.

Continue Reading

Gorontalo

Polres Pohuwato Bagikan Paket Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Kecamatan Marisa

Published

on

POHUWATO – Cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir melanda Kabupaten Pohuwato, mengakibatkan beberapa pemukiman warga digenangi air. Merespons situasi ini, Polres Pohuwato mengambil langkah cepat dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Botubilotahu, Kecamatan Marisa.

Kapolres Pohuwato, AKBP Winarno, SH., S.IK., bersama jajaran, didampingi oleh Kadis Perindagkop Ibrahim Kiraman, Kades Botubilotahu One Mbuinga, Kasat Narkoba Polres Pohuwato Iptu Renly Turangan, SH, Waka Polsek Marisa Ipda Adam Ahmad, SH, dan Bhabinkamtibmas Desa Botubilotahu Bripka Heryanto Laebo, menyerahkan bantuan sembako pada Kamis (11/07/2024) pukul 11.30 WITA.

Kapolres Pohuwato, melalui Kasie Humas Polres Gorontalo, mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap curah hujan yang tinggi dan potensi banjir susulan.

“Bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Polri kepada warga terdampak banjir. Kami di Polres Pohuwato akan semaksimal mungkin memberikan bantuan, baik tenaga maupun materiil berupa sembako, sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir,” kata Kapolres Winarno.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan dapat mengurangi beban masyarakat yang menjadi korban banjir. “Kita berdoa agar bencana ini segera berlalu dan semoga masyarakat yang terkena musibah banjir tetap sehat dan kuat dalam menghadapi cobaan ini,” tambahnya.

Seorang warga yang terdampak banjir mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres Pohuwato dan jajarannya yang telah berkunjung serta memberikan sembako kepada warga yang terdampak. “Terima kasih kepada Kapolres Pohuwato yang telah peduli dengan kondisi kami. Bantuan ini sangat berarti bagi kami yang sedang menghadapi kesulitan akibat banjir,” ujar salah satu warga yang menerima bantuan.

Dalam menghadapi cuaca ekstrem dan potensi bencana alam, Polres Pohuwato terus berkomitmen untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat. Selain bantuan sembako, Polres Pohuwato juga siap memberikan bantuan tenaga untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan beban masyarakat yang terdampak banjir dapat berkurang dan mereka dapat kembali menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal. Polres Pohuwato bersama seluruh jajaran akan terus memantau situasi dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat.

Continue Reading

Gorontalo

Kebakaran di Perumahan Griya Sari’ah Permai: Kerugian Materil Diderita Pemilik Rumah

Published

on

POHUWATO – Sebuah rumah di Perumahan Griya Sari’ah Permai, Dusun Teladan 04, Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, terbakar pada Kamis pagi (11/07/2024) sekitar pukul 08.45 WITA. Rumah tersebut milik Porwo Widodo, seorang warga setempat.

Kronologi Kejadian

Berdasarkan keterangan seorang tetangga, pada pukul 08.40 WITA, terlihat asap keluar dari rumah milik Porwo Widodo. Sang tetangga segera melaporkan kejadian ini kepada pemilik rumah yang sedang berada di tempat kerjanya. Porwo Widodo kemudian meminta temannya untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Pemadam Kebakaran (Damkar).

Tindakan Pemadam Kebakaran

Menindaklanjuti laporan tersebut, tim Pemadam Kebakaran yang dipimpin oleh Provost Damkar, Abdurahman Anunu, dan Komandan Regu 2, Raflin Saleh, segera bergegas ke lokasi. Setibanya di lokasi pada pukul 08.52 WITA, api di rumah tersebut telah berhasil dipadamkan oleh warga sekitar menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Personel Damkar langsung melakukan pengecekan untuk memastikan api benar-benar padam.

Penyebab Kebakaran dan Kerugian

Dari hasil pengamatan di Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) dan wawancara dengan pemilik rumah, kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik. Akibat peristiwa ini, Porwo Widodo mengalami kerugian materil berupa 1 unit TV, 1 dispenser, dan sebuah rak TV.

Peristiwa ini menjadi pengingat akan pentingnya pengecekan rutin instalasi listrik di rumah untuk mencegah terjadinya korsleting yang dapat berujung pada kebakaran.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler