Connect with us

Gorontalo

24 Lukisan Beragam Aliran Hadir Dalam Pameran “Bakar Manyala”

Published

on

Foto Istimewa

GORONTALO – Bertajuk ‘Bakar Manyala’ para perupa Sulawesi Utara dan perupa Gorontalo menginisiasi pameran seni. Sejumlah perupa, pegiat budaya, anak muda yang tergabung dalam beragam komunitas, juga mahasiswa antusias dengan adanya pameran ini.

Pameran seni rupa ini dapat ditemui di Riden Baruadi GALLERY, di jalan Raja Eyato, Kelurahan Limba-B, Kota Selatan, Kota Gorontalo. Pameran ini terbuka untuk masyarakat umum mulai sejak, Selasa 9 hingga 20 November 2021.

Pemilihan tema Bakar Manyala, menurut Jufryhard direktur Riden Baruadi GALLERY, hal ini tak lepas dari realitas dan koneksi budaya Gorontalo dan Sulawesi Utara. Bakar Manyala sendiri, selama ini identik dengan minuman lokal yang dibuat secara tradisional berbahan dasar nira aren.

“Bakar Manyala menunjukan bahwa minuman tersebut berkadar alkohol tinggi dan ketika dibakar mengeluarkan api biru tak ubahnya dengan spiritus”.

“Bakar Manyala dalam ruang seni & rupa menegasikan tentang semangat dan komitmen bersama untuk memperkenalkan serta menyebarkan pesan-pesan persaudaraan dan perdamaian melalui ragam karya & teknik senirupa” Kata Jufry.

Pada pembukaan pameran seni ini, Suleman Dangkua, perupa Gorontalo yang karya lukisannya ikut dipamerkan dalam sambutannya, menyampiakan bahwa gagasan awal pameran ini diinisiasi oleh perupa Iwan Yusuf waktu berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara. Ketika itu, Yusuf bertemu dengan Alfred Polontodo, perupa Manado.

Dari pertemuan itu, timbul kesadaran akan keterpisahan antara perupa Gorontalo dan Sulawesi Utara, yang sebenarnya masih dalam satu rumpun di utara pulau Sulawesi.

“Kita sebenarnya sangat dekat tapi juga terasa sangat berjarak, hal inilah menjadi cikal bakal kita untuk bersama melakukan pameran, melukis bersama, guna menyatukan,” ucap Suleman

Giat pameran ini digagas untuk menyambung silaturahim antara perupa Gorontalo dan Sulawesi Utara. Sebanyak 24 lukisan dari beragam aliran dihadirkan dalam pameran ini. 12 perupa Gorontalo dan 11 perupa Sulut menjadi tamu Riden Baruadi GALLERY dalam gelaran pameran selama 2 pekan tersebut.

Bakar Manyala ini diangkat guna membangkitkan kembali semangat kebersamaan. Pameran Bakar Manyala ini menjadi letupan-letupan dari masing-masing perupa untuk mengekspresikan karyanya.

Spirit ini, kata Suleman, yang akan menyambungkan persaudaraan para perupa di pulau Sulawesi. Karena, menurutnya perlu terus didorong lahirnya kerjasama kreatif antara perupa Gorontalo deng a perupa dari luar Gorontalo.

Kehadiran pameran ini, disambut antusias dan mendapat beragam apresiasi dari masyarakat Gorontalo. Walaupun secara umum apresiasi atas karya senirupa di Gorontalo masih jauh dari harapan, namun Suleman berharap, dengan adanya giat-giat seperti ini lambat laun masyarakat Gorontalo akan semakin mencintai dan menghargai karya senirupa.

“Apalagi acara ini tidak hanya ada pameran lukisan, tapi juga ada pidato kebudayaan, ada juga melukis bersama. Dari ini kami ingin memenunjukkan sekaligus mengajak masyarakat untuk hadir dan berinteraksi dalam kegiatan berkesenian seperti ini,” ucapnya

Harapannya, akan ada pameran seperti ini yang secara periodik dilakukan dengan para perupa Sulawesi Utara, bahkan tidak hanya sampai di situ, ini akan jadi semangat cincin api yang jalurnya dari Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan kembali ke Utara. Akan menghubungkan semangat bersama para perupa se Sulawesi.

“Seperti filosofi gambar Bakar Manyala dengan korek Zippo yang bila ditiup angin tak padam,” tuturnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gorontalo

LSM LABRAK Gelar Musyawarah Besar dan Pemilihan Kepengurusan Baru Periode 2024 – 2025

Published

on

POHUWATO – LSM LABRAK menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) sekaligus Pemilihan Kepengurusan Baru untuk periode 2024 – 2025 dengan tema “Memperkuat Solidaritas Antar Kader LABRAK Dalam Menjalankan Visi Dan Misi Organisasi”. Acara ini berlangsung di Sekretariat Distrik Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu Mars LABRAK. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden LABRAK periode 2023, Sri Susanti Yunus, yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran para peserta dan pentingnya musyawarah ini untuk menentukan arah organisasi ke depan.

Musyawarah ini dibuka secara resmi oleh Dewan Pendiri LSM LABRAK, Sonni Samoe, yang dalam sambutannya memberikan evaluasi terhadap kinerja pengurus periode 2022 – 2023 dan harapannya untuk kepengurusan yang baru.

Agenda Musyawarah Besar

  1. Sidang Pleno 1: Pembahasan dan pengesahan agenda musyawarah.
  2. Sidang Pleno 2: Pembahasan tata tertib musyawarah dan diskusi mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  3. Sidang Pleno 3: Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2022 – 2023.

Setelah sesi ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan), kegiatan dilanjutkan dengan presentasi visi dan misi dari calon Presiden LABRAK periode 2024 – 2025, yaitu Rifky A. Samoe, Try Jayudi, dan Irwan Hanggu.

Pemilihan Presiden

Pemilihan Presiden LABRAK periode 2024 – 2025 dilakukan melalui pemungutan suara dengan kertas suara yang telah disiapkan oleh panitia musyawarah. Hak memilih hanya diberikan kepada peserta yang hadir pada musyawarah tersebut.

Hasil akhir pemungutan suara menunjukkan Rifky A. Samoe sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 70%. Try Jayudi Laginda diputuskan menjadi Sekretaris Jenderal periode 2024 – 2025.

Harapan Kepengurusan Baru

Dengan terpilihnya Rifky A. Samoe sebagai Presiden LABRAK yang baru, diharapkan organisasi dapat semakin memperkuat solidaritas antar kader dan menjalankan visi dan misi dengan lebih efektif. Kepemimpinan baru ini diharapkan dapat membawa LSM LABRAK menuju pencapaian yang lebih baik dalam berbagai program dan kegiatan yang akan datang.

Continue Reading

Gorontalo

Perumdam Muara Tirta Kota Gorontalo Gelar Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Minum

Published

on

GORONTALO – Perumdam Muara Tirta Kota Gorontalo mengadakan sosialisasi penyesuaian tarif air minum pada Rabu (19/06/2024) di Rumah Makan Diamond. Acara ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mencapai misi kepuasan pelayanan air minum yang berkelanjutan di Kota Gorontalo.

Direktur Perumdam Muara Tirta Kota Gorontalo, Lucky Paudi, menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari rencana untuk meningkatkan pelayanan dan pencapaian cakupan pelayanan air minum sebesar 100 persen pada tahun ini, sesuai dengan agenda Suistainable Development Goals (SDGs). “Agenda ini akan menjadi panduan utama Perumdam Muara Tirta Kota Gorontalo dalam melaksanakan program strategis,” ujar Lucky.

Lucky juga menjelaskan bahwa Perumdam Muara Tirta telah menyiapkan rencana bisnis dan induk sistem penyediaan air minum baik jangka menengah maupun jangka panjang. Namun, ia mengakui bahwa kondisi sumber daya yang ada belum mendukung rencana-rencana tersebut secara optimal. Salah satu kendala utamanya adalah keterbatasan dana atau anggaran.

“Beberapa rencana investasi penting termasuk pengembangan jaringan pipa distribusi dan peningkatan tekanan air pada pelanggan masih tertunda karena keterbatasan dana. Pendapatan dari penjualan air minum saja belum cukup untuk menunjang program-program investasi berskala besar,” jelas Lucky.

Sebagai bagian dari strategi peningkatan kinerja perusahaan, Perumdam Muara Tirta telah melakukan berbagai langkah seperti program peremajaan peralatan mekanikal elektrikal di instalasi pengolahan air (IPA), efisiensi penggunaan pemakaian daya listrik, dan penekanan biaya pegawai. Namun, kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik membuat penyesuaian tarif menjadi langkah yang tak terhindarkan.

Peningkatan pelayanan kepada masyarakat pelanggan tetap menjadi prioritas utama bagi Perumdam Muara Tirta. Mulai dari pengelolaan sumber air baku dari Sungai Bone dan Sungai Bolango hingga distribusi air melalui sistem perpipaan ke pelanggan. Lucky menekankan bahwa penyesuaian tarif air minum saat ini tidak berlaku untuk pelanggan rumah tangga golongan A atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). “Tarif yang berlaku untuk klasifikasi ini adalah tarif sebelumnya. Jika tidak ada pemakaian air atau kubikasi nol, maka akan diberlakukan biaya beban tetap,” pungkasnya.

Sosialisasi penyesuaian tarif air minum akan dilaksanakan selama tiga hari di tingkat kecamatan. Hari ini, sosialisasi dilakukan untuk Kecamatan Dungingi, Kota Barat, dan Kota Selatan. Besok, sosialisasi akan dilanjutkan di Kecamatan Timur, Hulonthalangi, dan Dumbo Raya. Sementara pada hari terakhir, sosialisasi akan dilakukan di Kecamatan Kota Utara, Kota Tengah, dan Sipatana.

Continue Reading

Gorontalo

Kapolres Pohuwato Saksikan Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Polres

Published

on

POHUWATO – Kapolres Pohuwato, AKBP Winarno, bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres, menyaksikan langsung proses penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di Masjid Polres Pohuwato pada Hari Raya Iduladha 1445 H.

Penyembelihan hewan kurban merupakan sunnah muakkad, atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu untuk berkurban. Pada tahun ini, Polres Pohuwato menyembelih sebanyak 14 ekor sapi sebagai wujud dari ibadah kurban.

“Dari total 14 ekor sapi, satu ekor diserahkan ke Pesantren Salafiyah, sementara 13 ekor disembelih di Masjid Polres Pohuwato,” ujar AKBP Winarno saat dikonfirmasi oleh wartawan.

Daging kurban yang telah disembelih tersebut akan didistribusikan kepada para purnawirawan, personel Polres Pohuwato, dan masyarakat umum. Kapolres Pohuwato juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh personel Polres yang telah berpartisipasi dalam kurban tahun ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polres Pohuwato yang telah memberikan hewan kurban. Semoga daging kurban ini dapat dibagikan secara merata dan dinikmati oleh masyarakat,” jelas AKBP Winarno.

Kapolres berharap agar amal ibadah kurban yang dilakukan diterima oleh Allah SWT, serta mengapresiasi panitia yang telah bekerja keras dalam penyembelihan dan pembagian daging kurban. Ia juga menyampaikan harapannya untuk meningkatkan jumlah hewan kurban di tahun-tahun mendatang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat.

“Semoga amal kurbannya diterima oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan semoga panitia yang melaksanakan penyembelihan serta pembagian daging kurban diberkahi. Ke depan, semoga kegiatan ini dapat ditingkatkan agar lebih banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya,” harap AKBP Winarno.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler