Connect with us

News

Abaikan Tuntutan Warga, Kades Gonggong Diminta Mundur

Published

on

Ratusan warga Desa Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), saat menggeruduk Gedung BPU desa Gonggong, Selasa (30/6/2020) pagi kemarin.

BALUT-Ratusan warga Desa Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), tiba-tiba menggeruduk Gedung BPU desa Gonggong, Selasa (30/6/2020) pagi kemarin. Para warga berbondong-bondong mendatangi BPU meski tak diundang dalam rapat yang dimediasi pihak pemerintah kecamatan untuk melakukan protes.

Pengelolaan anggaran desa oleh kades Gonggong yang dinilai tertutup dan tidak melibatkan masyarakat menjadi alasan kejengkelan warga ini memuncak. Adu argumen antara masyarakat dan Kades Rusdianto M Lameada di BPU pun tak terbendung. Warga dalam kesempatan itu juga mendesak agar kades segera mundur dari jabatan. Beruntung, perdebatan itu segera diatasi camat, kapolsek, serta danramil wilayah setempat yang juga hadir dalam rapat.

Fiktor T. Toliu selaku perwakilan Solidaritas Masyarakat Gonggong menyebutkan, ketidakpuasan warga ini berangkat dari sikap kepala desa yang seolah-olah angkuh dan tidak mengindahkan tuntutan masyarakat yang meminta keterbukaan. Sudah berulang-ulang warga meminta agar kades bersikap transparan dalam hal mengelola keuangan desa. Kades bahkan selama ini hanya membangun opini liar serta rapat-rapat malam yang digelar di rumahnya bersama aparat, yang oleh masyarakat tindakan tersebut diduga sebagai rapat bodong atau ilegal.

Pada mediasi hari ini Fiktor mengaku pemerintah kecamatan juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat desa Gonggong yang sebelumnya menuntut keterbukaan kades soal penggunaan anggaran desa. Sebab masyarakat juga menduga dari pengelolaan anggaran kades yang tidak transparan tersebut menjadi indikasi penyalahgunaan anggaran negara alias korupsi dana desa.

“Dari hasil mediasi, stateman camat Banggai Tengah bahwa pihak kecamatan siap mengawal tuntutan masyarakat. Camat juga meminta kepada kepala desa agar segera membayar/melunasi hak hak beberapa lembaga desa yang belum terbayarkan,” ujar Fiktor.

Sebelumnya diketahui, beberapa waktu lalu warga Gonggong juga telah melakukan aksi protes terhadap kepala desa. Aksi warga yang dikomandoi Solidaritas Masyarakat Gonggong itu bahkan sampai di Gedung DPRD Banggai Laut.

“Dan salah satu tuntutan masyarakat karna tindak tanduk kades yang seolah-olah banyak hal yang bersifat pembohongan publik/masyarakat
Olehnya masyrakat menuntut agar kepala desa mundur dari jabatannya,” tandas Fiktor.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Semangat Karang Taruna Desa Paisumosoni Menyambut Hari Sumpah Pemuda

Published

on

BALUT-Dialog publik mengawali rangkaian kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2020 di Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Kabupaten Banggai Laut, Kamis (29/10/2020) kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan bersama antara KNPI Banggai Laut, Komunitas Pecita Alam, serta Karang Taruna Desa Paisumosoni difokuskan di Lapangan Desa Paisumosoni.

Hadir sebagai pemateri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Balut, Ramlan H. Sudding, dan Wakil Ketua KNPI Balut, Hamadin Nurung.

Pantauan awak media ini, para peserta dialog cukup antusias mengikuti kegiatan hingga pukul 23.30 Wita.

Selain dialog publik, peringatan sumpah pemuda kali ini akan diisi sejumlah kegiatan sosial lainnya, seperti bakti sosial dan pemeriksaan golongan darah bagi warga setempat.

Ketua Karang Taruna Air Mas Desa Paisumosoni Supriyadi K. Hunda saat menyampaikan sambutan mengatakan, pihaknya siap bersinergi bersama semua lembaga kepemudaan yang ada di Balut dalam rangka menciptakan kreativitas dan gerakan-gerakan nyata. Pihaknya juga berterima kasih kepada pihak KNPI yang telah memilih Paisumosoni sebagai lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini akan dilanjutkan besok (hari ini, Jumat) yaitu bakti sosial dan pemeriksaan golongan darah,” ucap pria yang akrab disapa Supri ini.

Continue Reading

Gorontalo

Chamdi Tomy Siap Debat

Published

on

KABGOR-Pasangan Nomor urut 3 Chamdi-Tomy menghadiri rapat koordinasi persiapan Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Gorontalo di Gedung Render IT Bone Bolango (29/10/2020).

Selain Chamdi-Tomy hadir juga Nelson-Hendra, sementara untuk pasangan Tony Yunus-Dariyanto Gobel dan Rustam Akili -Dicky Gobel hanya di wakili oleh LO masing-masing dari kedua paslon tersebut.

Debat pasangan calon bupati dan wakil bupati akan dilangsungkan sebanyak tiga kali, yakni pada 5 November untuk pasangan calon Bupati, sementara untuk calon wakil Bupati pada tanggal 17 November dan untuk calon bupati dan wakil bupati pada 29 November 2020 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut nantinya tema dan subtema yang akan dijadikan materi debat mengacu pada keputusan KPU RI No 465/PL.02.4-Kpt/06/KPU/IX/2020.

Dengan materi debat meningkatkan kesejahteraan, masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persolan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan kabupaten dengan provinsi dan nasional, memperkokoh NKRI dan kebangsaan dan strategi kebijakan penanganan Covid 19 di daerah.

Nantinya juga debat kandidat paslon bupati dan wakil bupati Gorontalo akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan stasiun Radio RRI dan poliyama.

Continue Reading

Gorontalo

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kwarda Pramuka Gorontalo Ikuti Apel Siaga Covid

Published

on

Foto Istimewa

GORONTALO-Menindaklanjuti surat edaran kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo mengikuti apel kesiapsiagaan pramuka peduli penanggulangan COVID-19 secara virtual, Rabu (28/10/2020).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kwarda Gorontalo, yang turut dihadiri Waka Abdimasgana Kak Dr. Sumarwoto, Waka Bina Wasa, Waka Humas Infokom Kwarda Gorontalo, Serta Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Gorontalo, dan beberapa peserta lainnya dengan menggunakan seragam pramuka.

Apael dilakukan untuk memaknai hari sumpah pemuda guna meningkatkan sinergitas dan menjalin kolaborasi peningkatan peran pramuka peduli dalam hal mendukung upaya pencegahan bencana non alam dalam hal ini penyebaran Covid 19.

Apel kesiapsiagaan Pramuka peduli dilaksanakan secara serentak diseluruh Kwartir daerah dan Kwartir cabang gerakan Pramuka di Indonesia, bertindak sebagai pembina upacara Komjen Polisi Purnawirawan Budi Waseso selaku ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Continue Reading

Terpopuler