Connect with us

kabupaten pohuwato

Gerak Cepat Saipul Mbuinga Tinjau Wilayah Yang Terdampak Banjir Bandang

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. M buinga usai buka puasa menuju Kecamatan Popayato dan Popayato Barat untuk memantau kondisi warga yang berada di 5 desa yang terdampak banjir bandang. Orang nomor satu di Pohuwato itu melihat penyebab banjir dan juga bertemu langsung dengan warganya, (7/4/2023).

Pantauan di lapangan, kondisi saat ini memang sudah aman atau tidak terendam, air dengan cepat menuju ke dataran rendah atau ke arah laut. Meski begitu, barang-barang dalam rumah saat ini telah berada di teras atau di atas meja untuk menghindari banjir susulan.

Sementara di Masjid Besar At-Taqwa Popayato Barat air masuk ke masjid usai salat jum’at dan merendam seisi masjid termasuk alat pengeras suara terendam air.

Disamping itu, Bupati Saipul juga meninjau tempat-tempat yang terparah berupa drainase, sungai butungale, jembatan-jembatan serta rumah-rumah yang berada di pinggiran jalan bersama Anggota DPRD Pohuwato, Rizal Pasuma, BPBD Pohuwato, Tagana dan pemerintah kecamatan.

Salah satu Sekolah Dasar Negeri 06 Popayato Barat pagar depan ambruk akibat air dari gunung, sementara kerugian lain berupa kelapa kopra milik warga terendam air dan sebagian terbawa air sungai butungale.

Kepada masyarakat, Bupati Saipul mengimbau untuk tetap waspada karena cuaca yang tidak bersahabat. Karena air sungai bertemu air pegunungan menjadikan banjir. Bagi warga yang berada di tempat-tempat yang rawan banjir diminta hal ini menjadi perhatian bersama dan tetap melihat kondisi cuaca saat ini.

“Artinya, ketika hujan lebat seperti ini maka segeralah bersiap diri agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

“Pemda Pohuwato jelas bupati tetap memperhatikan kondisi ini dan akan disampaikan kepada pemerintah provinsi terutama titik-titik yang rawan banjir dan penyebab banjir itu sendiri seperti luapan air sungai yang sesekali menjadi ancaman bagi warga sekitar,” tandasnya.

Gorontalo

LSM LABRAK Gelar Musyawarah Besar dan Pemilihan Kepengurusan Baru Periode 2024 – 2025

Published

on

POHUWATO – LSM LABRAK menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) sekaligus Pemilihan Kepengurusan Baru untuk periode 2024 – 2025 dengan tema “Memperkuat Solidaritas Antar Kader LABRAK Dalam Menjalankan Visi Dan Misi Organisasi”. Acara ini berlangsung di Sekretariat Distrik Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu Mars LABRAK. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden LABRAK periode 2023, Sri Susanti Yunus, yang menyampaikan apresiasi atas kehadiran para peserta dan pentingnya musyawarah ini untuk menentukan arah organisasi ke depan.

Musyawarah ini dibuka secara resmi oleh Dewan Pendiri LSM LABRAK, Sonni Samoe, yang dalam sambutannya memberikan evaluasi terhadap kinerja pengurus periode 2022 – 2023 dan harapannya untuk kepengurusan yang baru.

Agenda Musyawarah Besar

  1. Sidang Pleno 1: Pembahasan dan pengesahan agenda musyawarah.
  2. Sidang Pleno 2: Pembahasan tata tertib musyawarah dan diskusi mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
  3. Sidang Pleno 3: Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2022 – 2023.

Setelah sesi ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan), kegiatan dilanjutkan dengan presentasi visi dan misi dari calon Presiden LABRAK periode 2024 – 2025, yaitu Rifky A. Samoe, Try Jayudi, dan Irwan Hanggu.

Pemilihan Presiden

Pemilihan Presiden LABRAK periode 2024 – 2025 dilakukan melalui pemungutan suara dengan kertas suara yang telah disiapkan oleh panitia musyawarah. Hak memilih hanya diberikan kepada peserta yang hadir pada musyawarah tersebut.

Hasil akhir pemungutan suara menunjukkan Rifky A. Samoe sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 70%. Try Jayudi Laginda diputuskan menjadi Sekretaris Jenderal periode 2024 – 2025.

Harapan Kepengurusan Baru

Dengan terpilihnya Rifky A. Samoe sebagai Presiden LABRAK yang baru, diharapkan organisasi dapat semakin memperkuat solidaritas antar kader dan menjalankan visi dan misi dengan lebih efektif. Kepemimpinan baru ini diharapkan dapat membawa LSM LABRAK menuju pencapaian yang lebih baik dalam berbagai program dan kegiatan yang akan datang.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Sambut Kunjungan Silaturahmi Kajari Pohuwato yang Baru

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Sekretaris Daerah Iskandar Datau, Asisten Pemkesra Arman Mohamad, Asisten Administrasi Umum Mahyudin Ahmad, serta para pimpinan OPD dan Kepala Bagian menerima kunjungan silaturahmi dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pohuwato, Dr. Arjuna Meghanada Wiritanaya, S.H., M.H. Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan penuh kekeluargaan ini diadakan di ruang kerja Bupati Pohuwato.

Kajari Pohuwato, Dr. Arjuna Meghanada Wiritanaya, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari tugasnya sebagai Kajari yang baru seminggu bertugas di Kabupaten Pohuwato. Selain untuk menjalin silaturahmi, kunjungan ini juga bertujuan mempererat hubungan kerja sama antara Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Bupati Saipul Mbuinga menyambut baik kunjungan tersebut dan mengapresiasi langkah Kajari Pohuwato dalam menjalin komunikasi yang harmonis dengan pemerintah daerah. “Kunjungan Pak Kajari tidak lain untuk menjalin silaturahmi, terutama sebagai Kajari yang baru di Pohuwato. Kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi upaya ini,” ujar Bupati Saipul usai pertemuan.

Selain itu, Bupati Saipul juga menegaskan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung upaya Kejaksaan dalam menegakkan hukum serta memastikan pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat. Dalam pertemuan tersebut, keduanya bersepakat untuk terus menjalin komunikasi yang intensif dan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, terutama dalam upaya penegakan hukum dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pohuwato.

Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mempererat hubungan antara kedua institusi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pohuwato.

Continue Reading

Advertorial

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Kunjungi Keluarga Korban Tenggelam di Sungai Bukit Tingki

Published

on

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengunjungi keluarga almarhum Yunus Ismail (53) yang meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Bukit Tingki, Kecamatan Popayato, pada Selasa, 18 Juni lalu. Dalam kunjungan yang didampingi oleh Camat Popayato, Zulkifli Buludawa, Bupati Saipul disambut oleh istri almarhum, Yanti Akuba (45), di kediaman mereka di Dusun Suka Maju, Desa Bukit Tingki.

Menurut kronologis kejadian, almarhum Yunus Ismail bersama dua cucunya, Fandli Samindi (13) dan Ramsi Samindi (6), pamit untuk memindahkan sapi di seberang sungai. Sayangnya, Yunus Ismail dan Ramsi Samindi tidak bisa diselamatkan karena derasnya arus sungai, sementara Fandli berhasil selamat. Hingga kini, pencarian terhadap Ramsi Samindi masih berlangsung dengan bantuan tim Basarnas dan BPD yang berada di lokasi.

Bupati Saipul Mbuinga ikut serta dalam pencarian bersama tim Basarnas Pohuwato hingga ke muara sungai. Keluarga serta ayah dan saudara dari Ramsi juga turut menyisir sungai, namun belum berhasil menemukan anak tersebut.

Dalam kunjungannya, Bupati Saipul memberikan dukungan moral kepada Yanti Akuba yang tengah berduka setelah kehilangan suami dan cucunya, serta belum lama kehilangan anak pertamanya, ibu dari cucu mereka, yang belum mencapai 100 hari sejak meninggal dunia. “Ini adalah cobaan yang sangat berat. Insya Allah, semuanya bisa dihadapi dengan tabah dan sabar. Tetaplah berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan dan keberkahan,” ungkap Bupati.

Bupati Saipul juga mengingatkan seluruh warga, terutama mereka yang bertani atau bercocok tanam di seberang sungai, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat menyeberang sungai. “Jika kondisi tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk menyeberang karena risiko yang dihadapi sangat besar. Mari kita jadikan pelajaran dari kejadian ini. Walau ajal seseorang sudah ditentukan, ikhtiar harus tetap diutamakan. Jangan memaksa menyeberang sungai saat arus deras karena akibatnya bisa fatal,” pesan Bupati Saipul Mbuinga.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler