Connect with us

Bone Bolango

Pemda Bonebol dan DPRD Bersatu Sukseskan Pilkada, Anggaran Sharing Sebesar Rp. 30 M Disiapkan

Published

on

BONE BOLANGO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah bersama-sama menegaskan komitmennya untuk menjalankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 dengan sukses. Plt. Bupati Merlan S. Uloli dan Ketua DPRD Halid Tangahu memimpin langkah-langkah ini, yang kini termanifestasi dalam alokasi anggaran yang signifikan.

Anggaran sharing untuk Pilkada Serentak 2024 telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Menurut Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango, Iwan Mustapa, anggaran sebesar Rp21 miliar dialokasikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dan Rp9 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten. Alokasi ini merupakan hasil kesepakatan yang telah dibahas bersama dan saat ini sedang dalam evaluasi Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Anggaran ini merupakan komitmen Pemkab Bone Bolango untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024, terutama mengingat keterkaitannya dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di tahun yang sama.” Ungkap Iwan Mustafa.

Pemerintah Provinsi Gorontalo juga turut serta dalam pembiayaan ini, memperlihatkan sinergi yang kuat antara tingkat pemerintahan.

Proses penyusunan anggaran ini melibatkan sejumlah pihak, termasuk Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Plt. Bupati Merlan S. Uloli, dan Tim Banggar DPRD. Hasilnya, anggaran sebesar Rp21 miliar untuk KPU dan Rp9 miliar untuk Bawaslu telah disetujui, ditandatangani, dan disahkan pada pertemuan resmi.

Meskipun awalnya KPU memiliki estimasi kebutuhan sekitar Rp22,7 miliar, semangat mereka untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada memungkinkan penyesuaian hingga mencapai kesepakatan. Akan tetapi, untuk Bawaslu, Pemkab Bone Bolango masih menantikan konfirmasi untuk penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), yang masih menjadi poin tunda.

Iwan Mustapa menjelaskan bahwa kendati Pemkab Bone Bolango memahami perhitungan Bawaslu yang menginginkan alokasi minimal Rp10 miliar, mereka telah menyusun anggaran dengan mempertimbangkan prinsip kepatutan, kewajaran biaya, efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas penganggaran sesuai peraturan yang berlaku.

Sebagai penegasan, Iwan menunjukkan bahwa alokasi anggaran untuk Bawaslu Bone Bolango, mencapai Rp9 miliar, merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain di Provinsi Gorontalo. Ia juga mencatat bahwa meskipun jumlah pemilih Bone Bolango lebih kecil dibandingkan beberapa daerah lain di provinsi, tantangan fiskal yang terbatas mengharuskan Pemkab Bone Bolango untuk mengambil keputusan yang bijak, termasuk menunda beberapa belanja program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pembayaran Tunjangan Penghasilan Pegawai Aparatur Sipil Negara (TPP ASN) selama empat bulan.

Dengan berbagai upaya dan komitmen yang telah diambil, Pemkab Bone Bolango bersama DPRD berharap bahwa Pilkada Serentak 2024 di daerah ini akan berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif bagi demokrasi lokal.

Bone Bolango

Dr. Merlan Uloli, SE.MM Resmi Menjadi Bupati Bone Bolango dengan Gelar Adat Molo’opu

Published

on

BONE BOLANGO – Dr. Merlan Uloli, SE.MM secara resmi menjadi Bupati Bonebolango setelah menjalani upacara adat Molo’opu. Upacara Molo’opu adalah upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi menuju rumah dinas bupati.

Ini merupakan suatu keharusan dan juga menandakan pengakuan masyarakat terhadap kepemimpinan seorang bupati. Upacara adat Molo’opu ini digelar di rumah dinas bupati Bonebolango di Desa Ulantha, Kecamatan Suwawa, pada hari Selasa, (16/01/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Bonebolango menyampaikan rasa syukurnya karena menjadi bupati perempuan pertama di daerah yang dijuluki serambi madinah. Ia memberikan motivasi kepada seluruh perempuan yang hadir, menegaskan bahwa semua perempuan memiliki potensi untuk memimpin.

“Hari ini saya, Merlan, telah membuka jalan. Ini perjuangan kaum perempuan, mungkin hari ini saya yang memimpin, besok, 10 tahun ke depan, bahkan di masa-masa mendatang akan ada perempuan-perempuan hebat lainnya yang akan mengikuti jejak sejarah ini,” ujar Merlan Uloli.

Dengan berakhirnya sambutan Bupati Bonebolango yang baru, prosesi upacara adat Molo’opu pun berakhir, dan Merlan Uloli resmi menjabat sebagai bupati Bonebolango untuk periode satu tahun ke depan.

Continue Reading

Bone Bolango

HUT ke-24 DWP Kabupaten Bonebol: Perempuan Berperan Strategis dalam Pembangunan Berkelanjutan

Published

on

BONE BOLANGO – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bone Bolango merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 tahun 2023 dengan megah di Gedung BPMP Provinsi Gorontalo, Kecamatan Tilongkabila. Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, Ketua DPRD Halid Tangahu, Sekda Ishak Ntoma, dan berbagai tokoh dan pejabat penting.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Merlan S. Uloli menyampaikan ucapan selamat HUT ke-24 kepada anggota DWP Kabupaten Bone Bolango. Dia berharap DWP semakin mandiri dan menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional. Dengan visi tersebut, DWP diharapkan dapat memainkan peran aktif dan strategis dalam pembangunan bangsa.

“Saya berharap DWP menjadi pilar pemersatu bangsa dan negara Indonesia, serta sebagai agen perekat kebhinekaan. Semoga DWP dapat mengaktualisasikan diri dalam setiap kegiatan di lingkungan keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menjadi perempuan berkualitas dalam pembangunan nasional,” ungkap Merlan.

Dia menekankan bahwa DWP, sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, memiliki standing position dan peran strategis dalam pembangunan nasional. Merlan mengapresiasi DWP sebagai wadah yang menghadirkan program-program kreatif dan inovatif bagi anggotanya, serta memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam berkeluarga maupun berwirausaha.

Mengenai tema HUT ke-24 DWP tahun 2023, “Peran Strategis Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan,” Ketua GOW Bone Bolango menambahkan bahwa DWP harus terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, memperkuat rasa kebersamaan, dan mendukung pemerintah sebagai mitra.

“Saya berharap DWP bisa berperan meningkatkan kegiatan usaha bagi anggota DWP untuk memperkuat ekonomi keluarga. Mari tingkatkan kesadaran tentang peran strategis yang dimiliki perempuan, khususnya anggota DWP, untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan,” harap Merlan.

Sebagai bupati perempuan pertama di Bone Bolango, Merlan juga mengingatkan bahwa DWP tidak harus berdiri sendiri dalam berkegiatan, melainkan selalu bermitra dengan OPD terkait, organisasi wanita, dan lembaga masyarakat lainnya. Dia mengajak untuk menciptakan dan mengembangkan sinergi yang baik demi saling menguatkan.

“Kepada seluruh anggota DWP Bone Bolango, mari kita sama-sama berupaya meningkatkan dukungan kepada suami agar suami dapat bekerja secara profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai ASN,” pungkas Merlan, menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Continue Reading

Bone Bolango

80 Pelaku UMKM di Bone Bolango Dapat Bantuan Kios Pangan

Published

on

BONE BOLANGO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango memberikan bantuan kios pangan kepada 80 pelaku UMKM di wilayah tersebut. Bantuan tersebut terdiri dari beras seberat 100 kilogram, minyak goreng 12 liter, gula pasir 25 kilogram, dan telur sebanyak 5 bak.

Pelaku UMKM dan kios tersebar di 5 Kecamatan, yaitu Kabila (48 kios), Tilongkabila (2 kios), Suwawa (6 kios), Suwawa Tengah (12 kios), dan Bulango Selatan (12 kios).

Plt Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, menyatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari program Pemerintah Daerah dan DPRD Bone Bolango untuk mendukung masyarakat.

“Tidak semua pelaku UMKM yang memiliki kios mendapatkan bantuan ini. Bantuan ini diharapkan dapat menambah modal usaha dan tidak dijual mahal. Setiap kios menerima bantuan senilai total 2,5 juta rupiah,” kata Merlan S. Uloli saat menyerahkan bantuan di Kecamatan Suwawa Tengah.

Merlan, yang merupakan pemimpin perempuan pertama di Bone Bolango, menegaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam menghadapi kenaikan harga pangan. Ia berharap penerima bantuan benar-benar memiliki kios dan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bone Bolango, Yusbar Ismail, menambahkan bahwa penyerahan bantuan ini bertujuan untuk mengatasi rawan pangan di Kabupaten Bone Bolango.

Meskipun nilai bantuan relatif kecil, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan, dengan harapan dapat meringankan beban usaha masyarakat.

Continue Reading

Facebook

Terpopuler